Hai, sahabat smartgeo perah tidak mendengar istilah litosfer? Litosfer merupakan lapisan dari bumi yang termasuk dalam objek kajian geografi yaitu geosfer. Banyak hal yang bisa dipelajari dari lapisan ini loh. Menurut Anda apakah manfaat dari lapisan ini? Ada fenomena apa yang terjadi di lapisan ini? Yuk kita bahas tentang litosfer.

Tulisan kali ini akan membahasa tentang pengertian, ciri-ciri dan karakteristk lapisan Bumi. Lapisan Bumi yang dikelan juga dengan struktur lapisan Bumi. Bumi dengan diameter 7.926 mil memiliki lima lapisan yang menjadi penyusunnya. Beberapa ciri yang dapat diamati yaitu lapisan bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan yaitu lapisan kerak Bumi ini merupakan lapisan bumi yang paling atas. Lapisan bumi yang paling panas berada pada inti bumi. Lapisan bumi yang bergerak akibat dari arus konveksi yaitu mantel (astenosfer), dimana lapisan bumi paling tebal berada di sini. 

Adapun karakteristik lapisan bumi  yaitu:

Kerak Bumi

Lapisan ini disusun oleh unsr oksigen, silicon, alumunium, besi, kalsium, natrium, kalium, dan magnesium. Terdapat dua macam lapisan kerak bumi, yaitu kerak benua di daratan dan kerak samudera di dasar laut. Kerak benua memiliki ketebalan dari 30-70 km, sementara kerak samudera memiliki ketebalan 6-11 km. Mantel Bumi

Mantel Bumi

Mantel Bumi merupakan lapisan bumi paling tebal. Ketebalannya mencapai 2.900 km. Lapisan ini disebut juga sebagai astenosfer. Lapisan ini dipengaruhi oleh arus konveksi sehingga lapisan ini dinamis bergerak. Mantel bumi terbagi menjadi dua yaitu mantel dalalm dan luar. Mantel luar lebih tipis dan berada sekitar 10-300 km di bawah permukaan bumi dengan temperature 1.400-3.000 Kelvin sehingga logam-logam di dalamnya mengeras. Kemudian mantel dalam berada di kedalaman 300-2.890 km di bawah permukaan bumi dengan suhu 3.000 derajat kelvin dan tersusun atas logam cair.

Inti Bumi

Lapisan Bumi yang paling panas berada di inti Bumi. Lapisan ini terdapat di kedalaman 5.150-6.370 km dengan suhu dapat mencapai 5.500 derajat kelvin. Lapisan ini tersusun atas besi dan nikel, tapi disertai belerang, karbon, oksigen, silicon, dan kalium dalam persentase kecil.

Bagaimna sob, apakah sudah mendapatkan penjeasakan detail tentang ciri dan karakteristik dari lapisan Bumi? Agar lebih jelasnya lapisan dari Bumi dapat dilihat pada infografis di bawah ini.


struktur lapisan bumi

Sobat smartgeo juga perlu memahami bahwa geografi melihat lapisan Bumi yang paling esensial ini berada pada lapisan kerak Bumi atau Litosfer. Jadi, sobat smartgeo harus paham juga tentang lingkup seperti apa dinamika lapisan litosfer dan dampaknya bagi kehidupan manusia. Yuk kita kenali lebih jauh tentang litsofer.

Litosfer 

Secara etimologis, litosfer berasal dari kata Lithos yang berarti batu, dan bola (sphaira) yang berarti lingkaran. Sehingga litosfer dapat diartikan sebagai lapisan batuan yang menyusun kerak bumi, litosfer merupakan lapisan permukaan bumi setebal 66 km yang terdiri dari batuan. LItosfer ini dibangun oleh berbagia jennis batuan dan mineral loh sob.

Jenis Batuan Penyusun LItosfer

Litosfer tersusun atas batuan apa saja ya sob? Batuan adalah kumpulan dari satu atau lebih mineral, yang merupakan bagian dari kerak bumi. Ternyata ada tiga jenis batuan yaitu batuan beku, sedimen dan metamorf. Yuk kita mengenal lebih jauh tentang batuan ini.

Batuan Beku

Batuan beku terbentuk dari hasil pendinginan dan kristalisasi magma didalam bumi atau permukaan bumi.

Batuan Sedimen

Batuan sedimen terbentuk dari sedimentasi hasil rombakan batuan yang telah ada, oleh akumulasi dari material organik, atau hasil penguapan dari larutan.

Batuan Metamorf

Batuan batuan metamorf (metamorphic rock), merupakan hasil perubahan dalam keadaan padat dari batuan yang telah ada menjadi batuan yang mempunyai komposisi dan tekstur yang berbeda, sebagai akibat perubahan panas, tekanan, kegiatan kimiawi atau perpaduan ketiganya.

Semua jenis batuan ini dapat diamati di permukaan sebagai (singkapan). proses pembentukannya juga dapat diamati saat ini. Sebagai contoh, kegiatan gunung api yang menghasilkan beberapa jenis batuan beku, proses pelapukan , erosi, transportasi dan pengendapan sedimen yang setelah melalui proses pembatuan (lithification) menjadi beberapa jenis batuan sedimen.

Kerak bumi ini bersifat dinamis, dan merupakan tempat berlangsungnya berbagai proses yang mempengaruhi pembentukan ketiga jenis batuan tersebut. Sepanjang kurun waktu dan akibat dari proses-proses ini, suatu batuan akan berubah menjadi jenis yang lain.

Anda dapat mengetahui lebih detail tentang lapisan bumi, dapat di baca pada beberapa rekomendasi buku-buku berikut:


ensiklopedi cerdas bumi





buku ensiklopedi bumi amanah allah




buku smart lapisan bumi dan fosil





buku ensiklopedi interaktif bumi




buku enskilopedi anak hebat bumi






Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

أحدث أقدم