SOAL PILIHAN GANDA
1. Wilayah formal adalah wilayah yang terbentuk karena adanya ....
a. kenampakan yang sama
b. kenampakan hampir sama
c. perbedaan kenampakan
d. perbedaan kondisi alam
e. alam budaya yang berbeda

2. Berikut ini merupakan batas yang digunakan untuk wilayah formal, kecuali ....
a. sungai
b. selat atau laut
c. punggungan (igir)
d. pemukiman
e. parit

3. Perhatikan wilayah berikut ini.
(1) Provinsi
(2) Kota Metropolitan
(3) Pusat Perbelanjaan
(4) Deretan Hutan
Wilayah fungsional ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
e. (3) dan (4)

4. Dalam teori Christaller, tempat yang sentral berhirearki 3 sering disebut juga ….
a. situasi administratif yang optimal
b. kasus pasar yang optimal
c. situasi lalu lintas yang optimal
d. situasi kegiatan penduduk yang optimum
e. situasi ekonomi yang optimum
  
5. Pusat pertumbuhan dirancang untuk mendorong pengembangan kawasan sekitarnya khususnya dalam hal perkembangan ekonomi. Salah satu pengaruh pusat pertumbuhan terhadap bidang ekonomi adalah ....
a. meningkatnya asimilasi dan akulturasi
b. meningkatnya mobilitas penduduk
c. arus informasi dan komunikasi Semakin terbuka
d. memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal
e. munculnya berbagai jenis mata pencaharian baru

6. Perhatikan wilayah formal berikut:
(1) pegunungan
(2) kawasan industri
(3) perbukitan kapur
(4) kawasan pertanian
(5) dataran rendah
(6) kawasan perkebunan
Wilayah formal yang bersifat sosial ekonomi ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 2, 4, dan 6
d. 3, 4, dan 5
e. 4, 5, dan 6

7. Pola interaksi antarwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menunjukan perbedaan keruangan akibat variasi ....
a. jumlah penduduk dan kelancaran komunikasi
b. kelancaran transportasi dan komunikasi
c. jumlah penduduk dan jarak dari pusat kota
d. kelancaran transportasi dan kemajuan teknologi
e. kemajuan teknologi dan jarak pusat kota
SBMPTN 2016

8. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) telah membagi wilayah Indonesia menjadi empat pusat pertumbuhan utama. Kota yang menjadi pusat pertumbuhan regional A adalah ....
a. Medan
b. Jakarta
c. Surabaya
d. Makkasar
e. Manokwari

9. Pewilayahan menunjukkan proses penggolongan beberapa wilayah menjadi satu bentuk baru. Perwilayahan menggunakan metode klasifikasi wilayah dengan ciri-ciri ....
a. menghilangkan faktor yang dianggap kurang penting dalam wilayah
b. menunjukkan karakteristik yang paling menonjol dalam wilayah
c. menambahkan karakteristik baru yang tidak ada dalam wilayah
d. memperbaiki setiap kekurangan dalam wilayah formal
e. mencari kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap wilayah

10. Jumlah penduduk yang banyak dapat menjadi potensi dalam perkembangan wilayah karena ....
a. area pemukiman menjadi besar
b. ketersediaan jumlah tenaga kerjatinggi
c. dinamika wilayah berlangsung cepat
d. kebutuhan sandang pangan tinggi
e. jumlah total pendapatan penduduk tinggi
Sumber SBMPTN 2014

11. Tata ruang fisik suatu desa dipengaruhi oleh faktor ....
a. iklim, fisik, air, dan faktor biotik
b. air, relief, tanah, dan transportasi
c. tanah, penduduk, iklim, dan tatal kehidupan
d. budaya, topografi, kondisi sosialekonomi
e. penduduk, relief, topografi, dan norma

12. Untuk mencukupi kebutuhan hidup,Rasulullah Saw. mengajarkan manusia untuk berusaha dan berdoa. Usaha yang dilakukan oleh manusia dapat dilihat berdasarkan aktivitas ekonomi dan mata pencahariannya. Berdasarkan aktivitasnya, masyarakat desa dibedakan atas ....
a.pertanian dan jasa
b. agraris dan industri
c. nelayan dan agraris
d. jasa dan industri
e. jasa dan pertanian

13. Interaksi antara dua wilayah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor pendorong interaksi antara dua wilayah adalah ....
a.kondisi alam dan topografi wilayah homogen
b. adanya kesempatan untuk saling mengintervensi
c. kondisi sosial eknomi penduduk relatif sama
d. adanya kesulitan pemindahan barang dan ide dalam ruang
e. jarak antara dua wilayah cukup jauh

14. Nilai positif masyarakat desa yang ada dapat mempercepat perkembangan pembangunan desa adalah tingginya....
a. modal sosial
b. modal ekonomi
c. nilai budaya
d. kelembagaan sosial
e. kedisiplinan
SBMPTN 2019

15. Penduduk yang bertempat tinggal di wilayah pedesaan sekitar kota umumnya berprofesi sebagai komuter karena ....
a. terjangkaunya jarak tempuh
b. kemajuan pembangunan wilayah kota
c. kemiskinan penduduk kota
d. perbedaan tingkat pendidikan
e. murahnya biaya hidup di desa
Soal SBMPTN 2018

16. Kemiskinan struktural di pedesaan mumnya terjadi pada wilayah yang mempunyai karakteristik ....
a. rendahnya tingkat pendapatan penduduk
b. terbatasnya potensi sumber daya alam
c. rendahnya penguasaan teknologi tepat guna
d. terbatasnya akses pemanfaatan sumber daya
e. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat
SBMPTN 2018

17. Jika jumlah penduduk kota A : 6.000 jiwa, jumah penduduk kota B : 8.000jiwa dan jarak kota A ke kota B : 20 km maka besarnya kekuatan interaksi dari kota A ke kta B adalah ....
a. 110.000
b. 120.000
c. 130.000
d. 140.000
e. 150.000

18. Jumlah penduduk di kota A berjumlah 18.000 jiwa, penduduk kota B berjumlah 2.000 jiwa. Jarak kota A ke kota B adalah 20 km. Jika pemerintah akan membangun sekolah, lokasi baik berdasarkan teori titik henti adalah ....
a. 4 km dari kota A
b. 5 km dari kota B
c. 10 km dari kota A
d. 16 km dari kota A
e. 18 km dari kota B
UN 2018

19. Interaksi merupakan hal yang selalu manusia lakukan, baik dalam cakupan sempit maupun cakupan yang luas. Dalam cakupan luas, interaksi ini dilakukan oleh masyarakan desa dan kota. Dampak negatif interaksi antara desa kota dalam bidang budaya adalah ….
a. berkurangnya penduduk usai muda di desa
b. terjadi penurunan kualitas ekosistem di desa
c. persawahan berubah menjadi pemukiman
d. meningkatkan pola konsumerisme pada masyarakat desa
e. lunturnya norma-norma adat masyarakat desa

20. Wilayah sekitar kota yang merupakan tempat tinggal penduduk yang melakukan mobilitas harian ke kota, tanpa menginap disebut ….
a. suburban
b. suburban fringe
c. urban fringe
d. rural urban fringe
e. rural

21. Hutan lahan basah dan hutan lahan kering pada foto udara dapat dibedakan dengan menggunakan kunci interpretasi ....
a. bentuk dan asosiasi
b. tekstur dan rona
c. ukuran dan bayangan
d. pola dan tekstur
e. rona dan bayangan
Soal SBMPTN 2019

22. Keakuratan hasil interpretasi foto udara  sangat terbantu dengan metode citra ganda (multitemporal, multitingkat, multiband) karena ....
a. informasinya lebih detail
b. ada bandingan informasi
c. infromasinya lebih banyak
d. ada bandingan tampilan
e. cakupannya lebih luas
SBMPTN 2018

23. Pada citra satelit beresolusi spesial sedang, tanah gundul, rumput muda,  permukaan jalan, dan pasir pada umumnya memiliki tone ....
a. gelap
b. terang
c. cerah
d. kuning
e. biru
SBMPTN 2016

24. Alasan citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau luas genangan banjir secara periodik adalah....
a. menggambarkan seluruhkenampakan objek
b. objek yang tergenang dapatlangsung dikenali
c. menggambarkan luas wilayah yang tergenang
d. menghasilkan peta secara temporal
e. digunakan untuk memprediksi kedalaman banjir
SBMPTN 2015

25. Pada suatu foto udara kawasan pedesaan, objek parit tergambar lebih gelap daripada jalan setapak. Hal tersebut menunjukan bahwa ....
a. parit memiliki warna yang lebih gelap daripada jalan setapak
b. jalan setapak memiliki tekstur yang lebh halus daripada parit
c. situs objek parit lebih mudah dijangkau daripada jalan setapak
d. pantulan sinar objek parit lebih sedikit daripada objek jalan raya
e. Iintensitas sinar yang mengenai jalan setapak lebih besar dari parit

26. Citra dengan karakteristik objek sebagai berikut: bentuk memanjang, lebar seragam, sempit, relatif lurus, dan bertekstur halus. Objek tersebut dapat diinterpretasi sebagai ....
a. jembatan
b. sungai
c. selokan
d. jalan
e. batas wilayah

27. Sebuah foto udara memiliki skala 1:30.000. Foto udara tersebut diperoleh dengan perekaman menggunakan kamera yang memiliki panjang fokus 150 mm. Tinggi terbang pesawat saat pemotretan tersebut adalah ....
a. 1.500 mm
b. 3.000 mm
c. 4.500 mm
d. 6.000 mm
e. 7.500 mm

28. Manfaat citra:
(1) Pengamatan luas dan daerah banjir;
(2) Pengamatan sifat fisik air laut;
(3) Pemetaan pola aliran sungai;
(4) Pemetaan perubahan pantai; dan
(5) Pengamatan daerah aliran sungai.
Manfaat penginderaan jauh di bidang  hidrologi terdapat pada angka ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

29. Identifikasi perbedaan bangunan sekolah dan hotel dapat dilakukan melalui interpretasi foto udara dengan menggunakan ....
a. bentuk dan pola
b. asosiasi dan rona
c. ukuran dan bayangan
d. bayangan dan bentuk
e. ukuran dan rona
Soal SBMPTN 2018

30. Jika suatu objek foto pada foto udara memiliki ciri berkelok-kelok, tekstur halus, dengan bentuk yang semakin menyempit, maka objek tersebut adalah ....
a. jalan
b. sungai
c. pantai
d. delta
e. jurang

SOAL URAIAN
B. Uraian
Jawablah soal-soal berikut dengan tepat.
1. Apa yang dimaksud dengan pusat pertumbuhan? Bagaimana pula dampak terhadap perekonomian masyarakat?
2. Menurut pendapat Anda, bagaimana pembangunan wilayah yang baik?
3. Jelaskan perbedaan struktur desa dan kota.
4. Secara umum, pola permukiman desa dapat dibedakan menjadi berapa macam? Sebut  dan jelaskan masing-masing pola permukiman tersebut.
5. Sebutkan dan jelaskan tiga unsur utama yang memengaruhi interaksi keruangan  menurut Ullman.
6. Jelaskan mengapa desa memiliki fungsi yang penting bagi daerah perkotaan.
7. Sebutkan dampak positif bagi desa akibat adanya interaksi desa-kota.
8. Sebutkan unsur-unsur dalam interpretasi citra.
9. Sebutkan manfaat penginderaan jauh dalam tata guna lahan dan transportasi.
10. Objek tergambar pada citra dapat dikenali berdasarkan ciri utama yang terekam oleh  sensor. Ada tiga ciri utama yang dapat dikenali. Sebutkan dan jelaskan tiga ciri utama dalam melakukan identifikasi objek.


KUNCI JAWABAN
1.A
2.E
3.A
4.B
5.E
6.C
7.C
8.A
9.B
10.C
11.A
12.C
13.B
14.C
15.A
16.E
17.B
18.B
19.E
20.A
21.B
22.A
23.B
24.D
25.B
26.D
27.A
28.C
29.D
30.B

JAWABAN URAIAN SEMESTER 1
1.Pusat pertumbuhan (growth pole) adalah suatu wilayah atau kawasan yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat jika dibandingkan dengan wilayah lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain di sekitarnya.

Dampak terhadap ekonomi masyarakat yaitu:Pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi
a)Mengembangkan ekonomi di daerah sekitarnya.
b)Meningkatkan kesejahteraan sekitar.
c)Memunculkan berbagai fasilitas ekonomi, seperti pabrik, bank, bursa saham, dan gudang.
d)Memunculkan berbagai lapangan pekerjaan.

2.Pembangunan wilayah yang baik yaitu pembangunan wilayah yang memperhatikan beberpa hal yaitu:
a)Komiditi/sektor apa yang unggul di wilayah tersebut.
b)Komoditi/sektor apa yang dasar dan nondasar.
c)Sektor/komoditi apa yang memiliki keterkaitan satu  sektor dengan sektor lain dan sektor apa saja yang dapat  menumbuhkan sektor lain.
d)Sektor/komoditi apa yang dapat dikembangkan untuk  memenuhi kebutuhan wilayah tersebut.
e)Sektor/komoditi apa yang memiliki nilai yang tinggi.
f)Sektor/komoditi apa yang dapat menyerap banyak tenaga  kerja.

3.Perbedaaan struktur ruang desa dengan kota yaitu adanya penggunaan lahan pusat bisnis, parkiran, kawsan industri (untuk di kota) sedangkan di desa di dominasi oleh area pertanian.

4.Pola pemukiman desa menurut Bintarto terdari enam pola yakni sebagai berikut:
a)Pola memanjang jalan, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk memanjang sejajar dengan jalur jalan, contohnya line village terdapat di daerah Bantul, Yogyakarta.
b)Pola memanjang sungai, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk memanjang sejajar sungai.
c)Pola memanjang pantai, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk memanjang sejajar pantai, contoh: pemukiman di daerah Rengasdengklok provinsi Jawa Barat.
d)Pola radial, artinya, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk radial yakni melingkar terhadap gunung dan memanjang sepanjang sungai.
e)Pola menyebar, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk menyebar dan terpisah pisah. Pola ini biasanya terdapat di daerah gunung karst.

f)Pola memanjang pantai dan sejajar dengan kereta api, artinya penduduk desa membangun pemukiman dengan bentuk memanjang sejajar pantai dan juga jalur kereta api.

5.Unsur utama yang memengaruhi interaksi keruangan menurut Ullman yaitu:
a)Komplementaritas merupakan hubungan saling melengkapi satu sama lain, merupakan suatu unsur yang mempengaruhi interaksi keruangan. Permintaan dan penawaran suatu komoditas akan mendorong terciptanya hubungan keruangan, permintaan dan penawaran suatu komoditas akan mendorong terciptanya suatu hubungan saling melengkapi berbagai kebutuhan, baik dari kelompok manusia maupun daerah yang berbeda.
b)Transferabilitas atau perpindahan mendorong terjadinya interaksi keruangan. Proses perpindahan manusia dan barang memerlukan biaya serta waktu. Jika transferebilitas mudah, arus komoditas akan semakin besar.
c)Interverning opportunity atau kesempatan berintervensi di artikan sebagai adanya kesempatan suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan wilayah lain karena adanya peristiwa yang menghambat interaksi antar wilayah. Hambatan tersebut dapat berupa bencana alam atau potensi sumber daya lain di wilayah tersebut.

6.Desa memiliki fungsi penting bagi kota yaitu sebagai hinterland. Hinterland ini dimaksud sebagai penyedia pangan, dan tenaga kerja bagi kota.desa memiliki tugas memproduksi dibandingkan dengan mengkonsumsi. Kelebihan produksi dari desa ini lah yang akan di distribusikan ke kota. Fungsi desa sebagai hinterland bagi kota yaitu menyediakan kebutuhan pangan bagi kota, menyediakan tenaga kerja kasar, dan memenuhi kebutuhan kota, dan mitra pembangunan bagi kota.

7.Dampak positif bagi desa akibat adanya interaksi desa-kota yaitu: Pendapatan masyarakat desa relatif meningkat, tingkat pendidikan, kesehatan masyarakat desa mulai membaik, Pola pikir mulai rasional seiring masuknya informasi dan teknologi, Fasilitas jalan mulai banyak dibangun, Banyak sektor wisata alam mulai dibangun di desa untuk memenuhi kebutuhan wisata masyarakat kota.

8.Unsur-unsur dalam interpretasi citra yaitu roona, warna, pola , bentuk, asosiasi, situs, konvergensi bukti, ukuran, bayangan.

9.Manfaat penginderaan jauh dalam tata guna lahan dan transportasi yaitu: 
a)mengetahui apakah lahan yang ada digunakan sesuai dengan peruntukannya. Misalnya pemetaan lahan pertanian, permukiman, atau kawasan industri.
b)Penentuan lokasi ketersediaan sumber daya air dapat digunakan untuk pertimbangan dalam menetapkan arahan penggunaan lahan sebagai kawasan lindung, kawasan penyangga, kawasan budidaya, kawasan pertanian, kawasan pemukiman, atau bahkan sebagai kawasan penunjang untuk kegiatan pertambangan.
c)Kajian untuk penentuan area yang tepat untuk pembukaan lahan pertanian dan lahan perkebunan harus memperhatikan beberapa faktor, seperti: kemiringan lereng, kondisi tanah, kondisi lingkungan sekitar, ketersediaan sumber daya air, dan kondisi iklim.
d)Kajian lahan permukiman dimanfaatkan untuk mengkaji distribusi permukiman, kepadatan permukiman, zonasi area permukiman, permukiman kumuh, permukiman elit, serta variasi pola permukiman di desa dan di kota.
e)Pengindraan jauh juga digunakan untuk penentuan lokasi industri, kegiatan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), alih fungsi lahan karena kegiatan industri, pemantauan kegiatan ekonomi, dan lain-lain.

10.Objek tergambar pada citra dapat dikenali berdasarkan ciri utama yang terekam oleh  sensor. tiga ciri utama yang dapat dikenali yaitu:
a)ciri spektral merupakan ciri yg dihasilkan dari interaksi antara energi elektromagnetik dengan objek, biasanya ciri spektral di nyatakan dalam bentuk rona atau tingakt kecerahan suatu objek
b)ciri spasial merupakan ciri yg berkaitan dg ruang yg meliputi bentuk, ukuran, asosiasi, situs, tekstur, pola
c)ciri temporal merupakan kaitan dengan waktu perekaman, misalnya sungai waktu kemarau akan memiliki rona gelap sedangkan saat penghujan ronanya cerah


Semoga soal-soal tersebut bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru, serta adik-adik yang sedang belatih menjelang Penilian Akhir Semester . Lihatt juga soal PAS Kelas 10 [klik] dan Kelas 11  [klik] 

Informasi update dari smartgeo.id dapat sobat temukan di akun medsos instagram dan facebook berikut:
Facebook smartgeo.id : https://facebook.com/smartgeo.id 

Terimakasih 

Referensi: Lestari, Rina Tuti. 2022. Cerdas dan Berkarakter Geografi Kelas 12. Subang: Assyif aLearning Center

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama