Asesmen Kompetensi Minimum atau kita lebih mengenalnya AKM semenjak digulirkannya memiliki maksud agar siswa terukur kemampuan literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Kemampuan numerasi dan literasi yang baik pada siswa tentunya sangat dipengaruhi dari berbagai faktor. Seperti kebasaan dalam membaca, kemampuan menalar suatu bagan, kemampuan dalam logika matematik, dan lainnya. Kemampuan ini tentunya perlu pemiasaan dalam proses pembelajaran. Maka setiap mata pelajaran di sekolah memiliki peran dalam berkontribusi. 

Pembelajaran geografi yang mengarah kepada kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi dapat diterapkan melalui semua tema materi geografi baik di kelas 1, 11 dan 12. Maka bagaimana teknisnya guru mengemas soal yang sesuai dengan AKM ini meupakan skill yang perlu dilatih. 

Tahap awal yang dapat guru geografi lakukan untuk mengasah kemampuan mengembangkan soal berstandar AKM yyang mampu mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah dengan memahami tujuan yang hendak ingin dicapai, sesuaikan dengan materi, dan kondisi terupdate (agar dat ayang disajikan lebih kekinian) 

Tak ada salahnya juga guru belajar dari soal-soal yang telah dibuat oleh guru dari sekolah lain sebgai referensi. Berikut ini contoh soal-soal AKM yang saya buat. Bapak dan Ibu dapat memanfaatkan dan menggunakannya di sekolah masing-masing.

Berikut ini beberapa contoh soal AKM Geografi
Contoh soal AKM Geografi tema Smber Daya Alam  [Klik]
Contoh soal AKM Geografi tema Ketahanan Pangan [Klik]
Contoh soal AKM Geografi Bumi Sebagai Ruang Kehidupab [Klik]

Semoga bermanfaat 


4 Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

  1. Terima kasih ilmu nya ,smoga bisa saya salurkan ke ank didik kami ,
    Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung
      semoga bermanfaat untuk anak didiknya

      Hapus
  2. Terima kasih smartgeo,
    Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama