smartgeo.id - Gerakan masa batuan dan tanah merupakan proses eksogenik. Proses eksogenik adalah proses yang mngubah permukaan bumi melalui tenaga yang berasal dai luar bumi. Proses ini terdiri dari pelapukan, sedimentasi , erosi dan gerkan massa batuan.


 
Pada tulisan kali ini akan di bahas mengenai gerakan massa batuan dan tanah.Menurut Soetoto (2018: 66-67) gerakan massa adalah proses berpindahnya tanah atau batuan disebabkan oleh gaya gravitasi burni. Gerakan massa ada beberapa macarn yaitu creeping (rayapan tanah) yaitu gerakan massa tanah sepanjang bidang batas dengan batuan induknya, Gerakannya sangat lambat, tidak dapat diikuti dengan pengamatan mata langsung. Baru diketahui setelah nampak adanya pohon atau tiang listrik/telepon yang miring. Gerakan masa batuan dapat dilihat seperti video di bawah ini:



Adapun jenis dari gerakan massa yaitu sebagai berikut:
  1. Mudflow (aliran lumpur) yaitu gerakan massa yang relatif cair, dan gerakannya relatif cepat. Sebagai contoh yaitu aliran lahar. 
  2. Debris flow (aliran bahan rombakan) yaitu gerakan massa bahan rombakan yang kering dan bersifat lepas. Gerakannya relatif cepat.
  3. Rock fall (jatuhan batuan) dan debris fall (jatuhan bahan rombakan) yaitu gerakan massa batuan atau bahan rombakan yang jatuh bebas karena adanya tebing terjal menggantung, "hanging cliff'; gerakannya cepat.
  4. Debris slide dan rock slide (geseran bahan rombakan dan geseran batuan) yaitu gerakan massa batuan atau bahan rombakan yang menggeser sepanjang bidang rata yang miring. misalnya sepanjang permukaan bidang lapisan batuan). 
  5. Slump (geseran melalui bidang lengkung) 
  6. Subsidence (amblesan): gerakan massa tanah atau batuan yang relatif vertikal, secara perlahan-lahan. 
Gerakan massa dipengaruhi oleh faktor-faktor:
  1. Kekompakan tanah atau batuan. 
  2. Vegetasi. 
  3. Kemiringan lereng. 
  4. Berat massa tanah atau batuan serta massa benda di atasnya. 
  5. Kandungan air. 
  6. Adanya bidang gelincir yang miring. 
  7. Getaran bumi baik oleh gempabumi maupun oleh sebab lain seperti lewatnya kendaraan berat. 
Sumber: Soetoto. 2018. Geologi Dasar. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama