Nur megungkapkan bahwa (2019:21-23) hutan bakau merpakan ekositem terpenting dari kondisi geografis Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas wilayah pantai dan pesisir. Kawasan pantai dan pesisir merupakan wilayah yang memiliki daya tarik karena merupaan wilayah interaksi antara darat dana laut dengan ciri sumber daya alam yang melimpah karena dapat memeberikan manfaat secara besar dari sektor ekonomi seperti pertambangan, perikanan, kehutanan, industri, pariwisata, dan lain-lain. 


Ekosistem mangrove merupakan bagian terpenting dalam pendukung kehidupan pesisir dan kelautan. Memberikan juga nutrien bagi biota perairan, menahan abrasi pantai, angin tofan, intrusi air, penyedia kayu, dan obat-obatan. Hutan mangrove memberikan kontribusi kesejahteraan bagi masyarakat pesisir panatai.

Bakau adalah Tumbuhan dengan ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertu daun, penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon. Pohon bakau juga memiliki banyak nama lain seperti tancang (JW), tinjang (Md); Bangko (Bugis); Kawoka (Timor), Wako Jangkar, dan lain-lain. 

Beberapa ahli mengemukakan definisi hutan mangrove antara lain sebagai berikut:

1. Soerianegara dan Indrawan 
Hutan mangrove adalah hutan yan turnbuh di daerah pantai. biasanya terdapat di daerah teluk dan di muara  sungai dengan ciri-ciri antara lain sebagai berikut:
1.tidak terp:ngaruh iklim, 
2.dipengaruhi pasang surut. 
3.tanah tergenang air laut. 
4.tanah rendah pantai, 
5.hutan tidak mempunyai struktur tajuk. 
Jenis-jenis pohonnya: api-api (Avicenia sp.), pedada (Sonnemtia), bakau (Rhizophom sp.), lacang (Bruguiera W), nyirih (Xylocnrpus sp.), nipah (Nypa sp.), dan lain-lain. 

2. Kusmana 
Mangrove adalah suatu komunitas tumbuhan atau suatu  individu jenis tumbuhan yang membentuk komunitas di daerah pasang surut yang secara alami di pengaruhi oleh  pasang surut air laut, tergenang pada saat pasang naik dan  bebas dari genangan pada Saat pasang rendah. 

3.Nybakken 
Hutan mangrove adalah umum yang diguna kan  untuk menggambarkan suatu komunitas pantai tropik yang  didomimsi oleh beberapa species yang khas atau  semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam  perairan asin. 

Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa perairan payau yang terletak pada garis pantai dan dipengarhui oleh laut. Hutan ini biasanya tumbuh di tempat-tempat dimana  terjadi pelumpuran dan akumulasi organik. Biak diteluk yang terlindungi dari gempuran ombak, maupun sekitar muara sungai dimana air melambat dan mengendapkan lumpur di bawahnya. 

Tumbuhan yang beranekaram jenisnya dapat dijumpai dihutan bakau. Sekitar 39 jenis tumbuhan terdapat pada hutan bakau Indonesia dan ini merupakan hutan yang paling kaya jenis flora di lingkungan Samudera Hindia dan Pasifik. Dengan total jenis yang telah diketahui, termasuk jenis-jenis mangrove ikutan adalah 202 srpsies. 


Sumber: Cahyo, Nur.2019. Mengenal Manfaat Hutan Bakau. Tanggerang: Loka Aksara


1 Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

  1. Berdasarkan artikel yang saya baca, terdapat pakar yang mengatakan bahwa adanya potensi hutan bakau Indonesia sebagai mitigasi perubahan iklim global. Terima kasih
    Reference: Pakar: Potensi Hutan Bakau Indonesia Sebagai Mitigasi Perubahan Iklim Global

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama