Metode koneksi konsep dapat diterapkan pada pembelajaran geografi. Gagasan dari metode ini disampaikan oleh Dr Ahmad Yani, M.Si yaitu seorang dosen geografi UPI. Metode ini berusaha mengkoneksikan antara dua atau satu lebih konsep sehingga melahirkan konklusi atau narasi baru. Koneksi dari beberapa konsep dapat menstimulus adanya keterampilan berfikir tingkat tinggi karena dapat melahirkan pengetahuan baru. 



Sumber Foto: Dukumen Pribadi

Strategi yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode ini yaitu:
  1. Guru menyediakan sejumlah konsep yang ditulis pada kertas yang berisi tulisan konsep-konsep dalam pembelajaran geografi.
  2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, meyesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.
  3. setiap anggota kelompok membawa dua atau tiga konsep sambil berdiri dan berhadapan satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk bujur sangkar. Guru berdiri ditengah tegah siswa.
  4. Cara bermainnya setiap kelompok memilih satu konsep yang dipegang oleh anggota kelompoknya. Misalnya konsep "sungai", "pasar", dan "air". Dengan demikian akan terkumpul konsep sungai-apasar-air-terapung, empat konsep ini jika disatukan menjadi istilah baru tentang pasar terapung yang berada disungai kalimantan.
  5. Permainan berikutnya dapat dilanjutkan oleh kelompok kedua, tiga, empat dan seterusnya secara bergiliran.
  6. Diakhir pembelajaran guru memberikan penilaian.
Metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi terkait berbagai materi seperti konsep, pendekatan, prinsip geografi, dan konsep lain pada kompetensi dasar yang diharapkan. Selain itu untuk menambah kelas lebih hidup dapat diadakan tanya jawab disela sela penampilan kelompok.

Dalam aplikasinya misalnya seorang siswa harus memadukan antara dua konsep keterjangkauan dan lokasi. Maka siswa harus menghubungkan kedua konsep teraebut sehingga menggambarkan fenomena di muka bumi tentang dua kosep ini. Dengan adanya cara berpikir mengkoneksikan dua konsep diharapkan siswa terlatih dalam berpikir tingkat tinggi. Bahkan jika siswa mampu dan mahir mengkoneksikan dua konsep guru dapat menambah konsep lain diluar materi pokok yang dikaji, sehingga harapannya siswapun bertambah  wawasannya.

Dasar teori koneksi konsep diperoleh dari buku Yani, Ahmad. 2019. Cara Mudah Menulis Soal Hots. Bandung: PT. Refika Aditama. Adapun secara teknik diperjelas oleh penulis. 

Selamat menerapkan metode koneksi konsep. Metode ini dapat diterapkan dalam mempelajari materi yang memiliki capaian kompetensi "memahami" suatu konsep dan dapat dikembangkan pada kemampuan "menganalisis". 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama