smartgeo.id - Materi penyusun bumi terdiri dari mineral dan batuan,selanjutnya jika terjadi pelapukan maka mineral dan batuan ini akan menjadi tanah. 


A. Mineral
1.Pengertian Mineral
Mineral merupakan unsur senyawa anorganik yang menyusun litosfer terbentuk alami dengan karakteristik komposisi dan sifat kimia yang khas, dengan sifat fisik tertentu, adanya struktur yang teratur dan membentuk kristal(Bates dan Jackson, 1990:424). Kristal merupakan suatu bidang banyak (polyeder) teratur dandibatasi oleh bidang rata dan mempunyai sumbu-sumbu simetri tertentu. 

2. Jenis Mineral
Mineral di alam ada yang merupakan unsur senyawa dan ada ada yang bebas.
a.Mineral sebagai undur bebas (native elements): tembaga,emas,platina,belerang,intan,garafit.
b.Mineral sebagai senyawa (compound): suifida (kalkosit, pirit), halida (halit,silfit), oksida (kuarts,korondum,bauksit), hidroksida (brukit,goetit), karbonat (kalsit,azurit,dolomit), nitrat (natriumnitrat), pospat (apatit,fosforit), sulfat (barit,gipsum), silikat(feldspar) 

B. Batuan 
1.Pengertian Batuan
Batuan adalah massa yang tersusun dari materi mineral baik secara kompak atau tidak yang membentul kerak bumi atau litosfer. Batuan bisa tersusun atas satu mineral atau beberapa macam mineral (Whitten dan Brooks, 1972:393). Batuan (rock) adalah sesuatu yang keras jika ditinjau dari ilmu sipil, SERTA kompak dan atau berat saat akan memisahkannya, bila perlu harus dengan ledakan (Wesley, 1973: 1).

Bates dan Jackson (1990: 573 ) mendefinisikan batuan yaitu agregat mineral sejenis atau tidak sejenis seperti: granit, marmer, serpih atau tubuh materi mineral yang tidak dapat dipisah-pisahkan seperti: obsidian; atau materi organik padat, seperti: batubara. Dalam sudut pandang geologi, batuan tidak harus keras dan kompak. Lumpur, pasir, dan tanah liat (lempung) termasuk batuan. Istilah batuan (rock) harus dibedakan dari batu (stone). 

2. Macam-macam Batuan 
Berdasarkan atas cara terbentuknya di alam, batuan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: 
a. Batuan beku= batuan magma= igneous rocks. 
b. Batuan endapan=batuan sedimen= sedimentary rocks. 
c. Batuan metamorfik= batuan malihan= metamorphic rocks.





Sumber:
Soetoto. Geologi Dasar.2016.Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Halaman: 6-28

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama