soal dan pembahasan um ugm

Hai sahabat smartgeo, bagaimana dengan persiapan masuk universitas atau perguruan tinggi favoritnya? Ok ...pada postingan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang soal SOSHUM UM UGM Tahun 2019 dengan tipe soal Sebab-Akibat.

Jangan lupa jika pembahasan ini sangat bermanfaat silahkan untuk share ke teman-teman lainnya yang sedang berjuang mempersiapkan masuk UGM juga. Ok semangat belajar ya.


B. Soal Hubungan Sebab Akibat UM UGM 2019 Geografi
31. Equinox adalah peristiwa alam dengan waktu siang dan malam yang sama
SEBAB
Fenomena ini menunjukkan titik balik matahari, yaitu saat matahari tepat di atas ekuator dan lingkaran penyinaran matahari melintasi kedua belahan bumi utara dan selatan.

Jawaban: pernyataan dan alasan benar dan menunjukkan hubungan sebab akibat.

Penjelasan:
Equinox adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika Matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Equinox terjadi setiap tanggal 21 Maret dan 23 September.

gerak semu matahari
sumber gambar:kompasiana.com

Bumi memiliki kemiringan 23,5 derajat dengan pergerakan miring, hal ini yang menyebabkan sinar matahrai tidak tepat mengenai bagian tengah bumi atau garis khatulistiwa. Penyinaran matahari akan lebih optimal menyinari matahari dibelahan bumi utara selama setengah tanhun dan menyinari belahan bumi selatan juga setengah tahun. Saat proses perpindahan penyinaran matahari, akan melintasi khatulistiwa. Peristiwa inilah yang disebut sebagai equinox. Equinox dapat diatrikan sebagai fenomena saat matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. 


32. Danau Batur di Bali dan Danau Kelimutu di Flores adalah danau yang terbentuk karena proses tektonik.
SEBAB
Pulau Bali dan Pulau Flores termasuk kawasan rawan terhadap gempa bumi tektonik.

Jawaban: pernyataan salah dan alasan benar.
danau batur dan kelimutu
Gambar (a) Danau Batur dan (b) Danau Kelimutu
Sumber: https://www.superadventure.co.id/

Penjelasan:
Danau Batur dan Kelimutu termasuk danau vulkanik karena terbentuk karena hasil erupsi sehingga membentuk kawah yang digenangi air. Pulau Bali dan Pulau Flores meupakan kawasan rawan gempa karena adanya petemuan dua lempeng Eurasia dan Indo-Australia. 


33. Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi dan komponen lain yang masuk atau dimasukan kedalamnya guna mendukung pemanfaatannya secara lestari.
SEBAB
Setiap perencanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus didasarkan atas daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Jawaban:  pernyataan benar, alasan benar namun tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

Penjelasan:
Daya dukung lingkungan hidup pada dasarnya adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Hal ini tercermin dari peran lingkungan dalam menyerap zat, energi dan komponen lainnya sehingga dapat mendukung kehidupan.

Sementara itu pengelolaan lingkungan hidup memang harus berpedoman pada daya dukung dan daya tampung lingkungan. Daya tampung lingkungan adalah batas maksimum populasi yang dapat ditampung satu unit ekosistem lingkungan hidup.

34. Pola ekspresi kesenjangan antar wilayah dibedakan menjadi dua yaitu pola ekspresi kesenjangan struktural dan pola ekspresi kesenjangan kultural.
SEBAB
Kesenjangan antara wilayah disebabkan oleh perbedaan aksesibilitas fisik wilayah

Jawaban: Jadi pernyataan dan alasan benar tapi keduanya tidak ada hubungan sebab akibat.

Penjelasan:
Kesenjangan wilayah menurut Syafrizal (1996) dapat diakibatkan oleh berbagai faktor yaitu: (a) kondisi geografis; (b)sumber daya alam; (c) kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa; (d) konsentrasi kegiatan ekonomi wilayah; dan (e) alokasi dana pembanagunan antar-wilayah.

Kesenjangan struktural dicirikan dari perbedaan pembangunan infrastruktur sementara kesenjangan kultural terkait ketidak seimbangan yang terjadi ketika pertumbuhan budaya tidak terjadi secara keseluruhan, melainkan berbeda-beda. Misalnya adanya kesenjangan budaya masyarakat, perkembangan teknologi dimasarakat tidak diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang panduan pengunaan atau pemanfaatan teknologi tersebut. 

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama