Posisi gerhana matahari hibrid


Bertepatan dengan 20 April 2023, di informasikan dari BMKG bahwa akan  terjadi fenomena gerhana matahari hibrid. Apa itu gerhana matahari hibrid? Gerhana matahari hibrid merupakan gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomana gerhana. Gerhana matahari ini relatif langka terjadi. 

gambar gerhana matahari hibrida


Pengamtan gerhana matahari hibrid sangat dipengaruhi oleh magnitudo posisi pengamat, sehingga pengamatan gerhana matahari cincin dan dan total tidak dapat diamati dalam satu lokasi atau lokasi yang sama (BMKG). Sepertihalnya untuk wilayah Indonesia beberapa wilayah hanya dapat mengamati gerhana matahari total dan sebagian. Sedangkan gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di wilayah Indonesia. Berikut ini ilustrasi gerhana matahari total dan sebagian di wilayah indonesia. 



Wilayah Indonesia dapat mengamati fenomena ini secara langsung yaitu hanya fenomena gerhana matahari total sedangan gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di Indonesia.  Indonesia bagian timur dapat mengamati gerhana matahari total yaitu P.Biak dan P. Kisar. Addapun wilayah Indonesia lainnya dapat hanya dapat mengamati fenomen gerhana matahri sebagian. Namun ada juga wilayah di Indonesia yang tidak dapat mengamati fenomena gerhana matahrai hibrid ini yaitu wilayah Aceh bagian utara. 

Berapa lama gerhana matahari hibrid berlangsung? Setiap wilayah pengamatan di Indonesia berbeda. Berikut ini gambaran lamanya waktuu dari gerhana marahari total dan sebagaian yang dapat diamati di Indonesia menurut BMKG:


gambar gerhana matahari hibrida

  gambar gerhana matahari hibrida

Bagi teman-teman yang akan mengamati fenomena ini. Ada himbauan atau peringatan yang harus diperhatikan seperti jangan melihat proses gerhana secara langsung, karena radiasi matahari dapat merusak mata kita maka caranya gunakanlah kacamata khusus yang menggunakan filter untuk melihat matahari. Bagiaman tertarik kah untuk mengamati gerhama matahari ini? Ingat! gerhana matahari hibrid ini jarang terjadi loh. Yuk simak gerhana matahari ini langsung di streaming LIve BMKG https://gerhana.bmkg.go.id



Sumber:
Instragram BMKG






Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama