Keragaman budaya di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi geografis Indonesia dan kondisi ekologis Indonesia. Pembelajaran tentang keragaman budaya di Indonesia dikaji secara khusus sesuai keilmuan geografi. Geografi memandang budaya melalui analisis keruangan dimana faktor interaksi kondisi spasial akan menentukan karakteristik suatu budaya. Pada prinsipnya geografi memandang bagaimana persebaran budaya berda dikaitkan dengan kondisi spasial. 

Secara strategi saya merekomendasikan pembelajaran terkait persebaran budaya di Indoesia ini dilakukan dengan teknik pembelajaran  Make a Match. Teknik pembelajaran ini merupakan pembelajaran kooperatif  yang dilakukan dengan mencari pasangan melalui kartu-kartu. Dimana kartu tersebut berisi kartu pertanyaan dan kartu yang berisi jawaban dari pertanyaan–pertanyaan tersebut.

Dalam penerapan dipembelajaran geografi, terdapat keragaman budaya dengan asal daerahnya. Harapnya ketika siswa memasangkan dengan proses bermain group game. Maka siswa akan mudah mengingat keragaman dari buudaya yang ada. Buudaya di Indonesia sangatlah banyak, maka perlu ada strategi mengenalkan budaya ini dengan asik dan menyenangkan.

Tekni pembelajaran ini sebagai berikut:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuaikan dengan jenis budaya yang akan dikenalkan misalnya makanan khas, tarian, pakaian, rumah adat, upacara adat dan  alat musik. Maka jumlah ini semua ada enam kelompok.
  2. Siswa dibagi menjadi enam kelompok. Satu dari kelompok tersebut diambil dan dipindahkan ke kelompok berikutnya yang di utus sebagai juuru kunci atau mengamankan kunci jawaban ketika masuk ke setiap pos budaya.
  3. Potongan dari keragaman budaya secara bersamaan di pasangkan oleh setiap kelompok dan diberi waktu untuk memasangkan antara jenis budaya dengan asal daerahnya.
  4. Setelah waktu dinyatakan habis, maka setia kelompok harus berhenti dan di stop serta diawasi olehh juru kunci.
  5. Juru kunci mengecek semua jawaban dan mencatat berapa banyak jawaban yang benar
  6. Juru kunci mengoreksi dan melihatkan jawaban yang benar kepada kelompok yang didampinginya. 
  7. Harapannya, semua tim mengingat jawaban yang benar.
  8. Selanjutnya roling tempat kelompok satu ke dua, dua ke tiga, dan seterusnya.Sampai kembali di titik awal.
  9. Pengambilan nilai dilakukan atau post tes dengan cara semua kelompok kembali memasangkan. Harapnnya skor pertama dengan skor kedua ada perbaikan.
  10. Maka disini siswa akan bergotong royong dan saling mengingatkan.
  11. Agar lebih menarikdan tak membosankan sambil di putarkan lagu yang semangat saat proses berlangsung
Berikut ini  keragaman budaya yang dapat dimanfaatkan bapak dan ibu guru. [Download Kartu Keragaman Budaya]

Catatan:
Potong terlebih dahulu setiap lembar keragaman budaya menjadi bagian kecil yang siap untuk dipasangkan.
Masukan kedalam map atau wadah agar tidak tercecer

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama