SOAL OSN GEOGRAFI TINGKAT KABUPATEN 
BERSERTA KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
(No 1-5)




NO. 1
Salah satu contoh aktivitas untuk peningkatan kesadaran masyarakat terhadap sampah plastik di laut adalah...
A. Pengembangan kebijakan pemerintah guna mengimplementasikan konvensi internasional mengenai sampah plastik lau
B. Penetapan standar pengukuran tingkat pencemaran plastik di laut
C. Mengembangkan materi publikasi mengenai status dan dampak limbah plastik laut
D. Peningkatan pengetahuan mengenai pengelolaan limbah plastik laut melalui kerjasama pendidikan dan penelitian
E. Kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam penanganan sampah plastik laut

Jawaban:
Jawaban yang tepat adalah C. Mengembangkan materi publikasi mengenai status dan dampak limbah plastik laut.
Pembahasan:
Pembahasan
Pilihan ini merupakan salah satu contoh aktivitas yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah plastik di laut. Dengan mengembangkan materi publikasi yang mencakup informasi tentang status dan dampak limbah plastik laut, masyarakat dapat lebih memahami betapa seriusnya masalah ini dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan dan kehidupan manusia.

Melalui publikasi yang tepat dan terarah, masyarakat dapat mulai menyadari pentingnya tindakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mengelola limbah plastik dengan lebih baik, dan mendukung inisiatif perlindungan lingkungan yang bertujuan untuk mengatasi masalah sampah plastik di laut.

Selain itu, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui materi publikasi, dapat tercipta tekanan publik yang mempercepat respons dari pemerintah dan sektor swasta dalam mengimplementasikan solusi yang lebih baik untuk mengatasi masalah sampah plastik laut.

NO. 2
Perubahan iklim merupakan peristiwa yang terjadi sejak lama namun makin menjadi perhatian para pemimpin dunia setelah dilaksanakannya KTT Rio de Janeiro Brazil. Perubahan iklım sendiri diartikan sebagai....
A. Berubahnya statistik parameter iklim yang diakibatkan oleh aktivitas manusia dan alat
B. Berubahnya parameter iklim karena sebab sebab tertentu
C. Perubahan rata rata pada parameter temperatur karena aktivitas manusia
D. Ada tren kenaikan suhu dalam kurun waktu 30 tahun
E. Terdapat perubahan signifikan pada parameter temperatur dan curah hujan akibat aktivitas manusia dan alam

Jawaban yang paling tepat adalah E. Terdapat perubahan signifikan pada parameter temperatur dan curah hujan akibat aktivitas manusia dan alam.

Pembahasan:
Perubahan iklim merujuk pada perubahan statistik parameter iklim seperti temperatur, curah hujan, pola angin, dan lainnya dalam jangka waktu yang panjang, baik secara alami maupun dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Perubahan iklim menjadi perhatian utama para pemimpin dunia setelah Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro, Brazil, pada tahun 1992.

Pilihan A, B, dan C menyiratkan bahwa perubahan iklim hanya disebabkan oleh aktivitas manusia, namun sebenarnya perubahan iklim dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk aktivitas manusia dan alam.

Pilihan D, meskipun benar bahwa adanya tren kenaikan suhu dalam kurun waktu tertentu merupakan indikasi perubahan iklim, namun perubahan iklim tidak hanya terbatas pada perubahan suhu, tetapi juga mencakup perubahan pada parameter iklim lainnya seperti curah hujan, pola angin, dan lainnya.

Pilihan E mencakup konsep bahwa perubahan iklim melibatkan perubahan signifikan pada parameter temperatur dan curah hujan yang disebabkan oleh aktivitas manusia dan alam. Ini adalah definisi yang lebih komprehensif dan akurat tentang perubahan iklim.

Download Juga!!!
Materi lengkap OSN Geografi [klik]
Kumpulan Soal OSN Geografi Tingkat Kabupaten [Klik]
Kumpulan Soal OSN Geografi Tingkat Provinsi [Klik]
Kumpulan Soal OSN Geografi Tingkat Nasional [Klik]

N0.3
Perhatikan gambar berikut!


Sumber https://ourworldindata org world-population-growth

Gambar di atas menunjukkan grafik transisi demografi. Fenomena population explosion dan population zero growth akan terjadi pada tahap...
A. I dan II
B. I dan III
C. I dan IV
D. II dan III
E. II dan IV

Jawaban:
jawabannya adalah C. I dan IV.
Pembahsan:
Population explosion (ledakan penduduk) terjadi ketika tingkat kelahiran tetap tinggi sementara tingkat kematian menurun tajam. Ini umumnya terjadi pada tahap awal dari transisi demografi.

Population zero growth (pertumbuhan nol penduduk) terjadi ketika tingkat kelahiran dan tingkat kematian mencapai keseimbangan, sehingga tidak ada pertambahan atau pengurangan signifikan dalam jumlah penduduk.

Dengan demikian, fenomena population explosion kemungkinan akan terjadi pada tahap awal transisi demografi (tahap I), sedangkan population zero growth kemungkinan besar terjadi pada tahap terakhir transisi demografi (tahap IV).


NO.4
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) umum dibangun di kawasan pesisir. Proses dalam PLTU berikut ini yang berpotensi merusak ekosistem laut adalah...
A. Ash handling
B. Feed water bolling
C. Feed water treatment
D. Feed water pumping
E. Heated water injection

Jawaban yang benar adalah E. Heated water injection.
Pembahasan:
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menggunakan air sebagai bahan bakar utama. Proses pemanasan air menjadi uap yang digunakan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik merupakan inti dari operasi PLTU. Pada proses ini, air yang dipanaskan akan diinjeksikan kembali ke lingkungan sekitar, terutama jika PLTU tersebut berlokasi di dekat kawasan pesisir.

Heated water injection (injeksi air panas) dapat memiliki dampak negatif pada ekosistem laut di sekitarnya. Injeksi air panas ini dapat mengubah suhu air laut, yang pada gilirannya dapat mengganggu keseimbangan termal dan kehidupan laut di sekitarnya. Perubahan suhu yang tiba-tiba dan ekstrem dapat mempengaruhi pertumbuhan organisme laut, migrasi spesies, dan pola reproduksi.

Pilihan lain dalam daftar, seperti ash handling, feed water boiling, feed water treatment, dan feed water pumping, cenderung tidak memiliki dampak langsung pada ekosistem laut. Proses-proses tersebut lebih terkait dengan manajemen limbah dan pengolahan air untuk menjaga kinerja dan keamanan PLTU.

NO.5
Seringkali ketika musim hujan, wilayah pantai utara Pulau Jawa (Pantura) mengalamı banjir akibat hujan yang lebat. Faktor penyebabnya adalah...
A. Kenaikan atau perampokan permukaan laut
B. Amblesnya tanah dan kenaikan permukaan air laut
C. Pantura merupakan muara sungai sungai besar sehingga ketika terjadi surut air laut maka akan mengakibatkan rob yang cukup tinggi
D. Zona konvergensi atau Inter Tropical Convergence Zone berada di sepanjang Pantura
E. Banyak awan konvektif terbentuk yang disertai guntur yang dahsyat

Jawaban yang paling sesuai adalah C. Pantura merupakan muara sungai-sungai besar sehingga ketika terjadi surut air laut maka akan mengakibatkan rob yang cukup tinggi.
Pembahasan:
Pantura merupakan wilayah pesisir utara Pulau Jawa yang terkenal dengan sungai-sungai besar yang bermuara di sana, seperti Sungai Citarum, Sungai Cisadane, Sungai Cimanuk, dan lain-lain. Ketika terjadi musim hujan yang lebat, volume air hujan yang tinggi mengalir ke sungai-sungai ini dan kemudian menuju ke muara. Pada saat yang bersamaan, jika terjadi pasang air laut atau surut air laut yang signifikan, akan terjadi kondisi rob yang cukup tinggi.

Rob atau banjir rob terjadi ketika air laut naik dan memasuki muara sungai, menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri daerah sekitarnya. Hal ini seringkali terjadi di Pantura selama musim hujan, karena kombinasi antara curah hujan yang tinggi dan pasang air laut atau surut yang signifikan.

Pilihan A (kenaikan atau perampokan permukaan laut), B (amblesnya tanah dan kenaikan permukaan air laut), dan D (zona konvergensi atau Inter Tropical Convergence Zone berada di sepanjang Pantura) tidak sesuai dengan kondisi yang umum terjadi di Pantura.

Pilihan E (banyak awan konvektif terbentuk yang disertai guntur yang dahsyat) mencerminkan kondisi cuaca saat terjadinya hujan lebat, namun tidak menjelaskan secara langsung faktor penyebab banjir di Pantura.

Kunjungi blog ini, untuk soal dan pembahasan berikutnya [Klik] 

REKOMENDASI BUKU-BUKU OSN GEOGRAFI

buku osn geografi siap jadi juara

buku osn geografi


buku mahir ksn geografi


buku kompeten ksn geografi



buku osn geografi



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama