Smartgeo.id - Berdasarkan Multilingual Demografi Dictionory (IUSSP, 1982) definisi demografi adalah “Demography is the scientific study of human populations in primerily whith the respect to their size, their structure (composition) and their development (change) diartikan bahawa demografi mempelajari penduduk (suatu wilayah) terutama mengenai jumlah, struktur (komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya). Phillip M _ Hauser dan Dudley Duncan (1959) mengungkapkan “Demographic is the study of the size, territorial distribution and composition of population, changes tehre in and the components of such changes which may be indentified as natality, territiorial novement (migration) and social mobility (change of states), diartikan bahwa demografi mempelajari jumlah, perbesaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahannya dan sebab-sebab perubahan itu, yang biasanya timbul karena natalitas fertilitas), mortalitas, gerak teritorial (migrasi) dan mobilitas sosiai (perubahan status).




Dari beberapa definisi sebelumnya dapat disimpulkan bahwa demografi mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk meliputi: jumlah, perbesaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu bembah-ubah, dan perubahan tersebut di sebabkan karena proses demografi yaitu: kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan migrasi penduduk. Struktur penduduk merupakan aspek yang statis, merupakan gambaran atau potret penduduk dari hasil sensus penduduk (cacah jiwa) pada hari sensus teltentu.

Data penduduk pada hari sensus penduduk ini dijadikan sebagai basis perhitungan penduduk. Sesudah hari sensus tersebut struktur penduduk akan berubah dari basis penduduk tadi. Unsur-unsur kependudukan dapat merubah struktur kependudukan di atas merupakan unsur-unsur yang dinamis yang terdiri dari kelahiran, kematian, dan migrasi, dan proses perubahan itu disebut pula proses yang dinamis.

Demografi tidaklah mempelajari penduduk sebagai individu, tetapi penduduk sebagai suatu kumpulan (agregates atau collections). Jadi yang dimaksud dengan penduduk dalam kajian demografi adalah sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayahl).

Selain itu demografi bersifat analitis matematis yang berarti analisis demografi berdasarkan atas analisis kuantitatif, dan karena sifatnya yang demikian maka demografi sering juga disebut dengan statistik penduduk.


Sumber: Badri, Syamsul. 2010. Demografi Umum. Aceh: Divisi Penerbitan Yayasan Pena Aceh

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di smartgeo

Lebih baru Lebih lama